Haruskah Rossi Pensiun dari MotoGP?

valentino Rossi, pebalap Yamaha, diminta untuk pension dini saja di gelaran MotoGP 2020. Hal ini menyusul opini beberapa pihak bahwa pebalap yang kontraknya bakal berakhir musim ini dinilai tidak lagi kompetitif. 

Rossi Dinilai Tak Lagi Kompetitif

Pernyataan tersebut pasalnya datang dari mantan pebalap MotoGP yaitu Carlos Checa. Peria 47 tahun tersebut menilai bahwa sudah saatnya Rossi penisun dari panggung besar MotoGP yang sampai saat ini mampu membesarkan namanya. “Dia pebalap yang luar biasa. Salah satu yang terbaik dalam sejarah, memang. Namun ia tak lagi pebalap yang semua orang ingin lihat,” ungkap Checa dilansir dari CNN Indonesia.

“Melihatnya bersaing untuk bisa ke posisi 10 besar dan kemudian terjatuh, sudah tak lagi masuk akal. Ini bukan soal pertanyaan lanjut apa tidak, pertanyaannya adalah apakah yang akan dilakukan Rossi ini masih masuk akal?” imbuhnya.

Checa, memang secara pribadi, tidak memungkiri bahwa ia masih ingin melihat Rossi balapan sampai dengan 3 tahun ke depan. Checa sendiri menilai bahwa kehadiran pebalap 41 tahun tersebut bagus bagi ajang MotoGP. Tapi bukan sesuatu yang positif jika dilihat dari aspek olahraga. “Tetapi (penisun atau tak pension) kembali pada keputusan Rossi. Saya menghormati dia dan juga seluruh fans harus berterima kasih pada dirinya,” tambah Checa yang pernah menjadi juara Superbike di tahun 2011 silam itu.

Sepak Terjang Rossi di MotoGP: Sudah 20 Tahun Berkarir

Rossi pasalnya sudah berkarir di ajang bergengsi MotoGP selama 20 tahun lamanya. Dalam rentang waktu itu, pebalap yang lahir di Urbino, Italia tersebut memang berhasil membuktikan kehebatan dan konsistensinya. Ia berhasil meraih 7 gelar juara dunia MotoGP.

Pebalap yang akrab dijuluki sebagai The Doctor ini terakhir kalinya menjadi juara tahun 2009 lalu. Setelah itu, Rossi mulai kesulitan untuk mengulangi pencapaiannya totobet sgp yang menakjubkan itu. Dan di ajang MotoHP musim lalu, sayangnya ia Cuma bisa menempati posisi ke-7 klasemen pebalap.

Dan di ajang MotoGP 2019, Rossi tak sekalipun bisa keluar sebagai juara seri. Prestasi terbaik Rossi Cuma bisa finis kedua di MotoGP Argentina dan MotoGP AS.

Dorna Sports diminta Pastikan Rossi Tak Pensiun

Namun pihak yang tidak menginginkannya pension dini juga ternyata tak sedikit. Bahkan Rossi diprediksi menjadi penyelamat ajang MotoGP dari krisis setelah wabah corona ini. Dorna Sports juga pasalnya disarankan untuk memastikan bahwa Rossi tak akan pensiun dulu.

Wabah corona ini memang membuat kompetisi Grand Prix sepeda motor dan MotoGP langsung secara keseluruhan tak berjalan. Kondisi tersebut membuat tim-tim Moto3 dan Moto2 langsung terkena krisis finansial sampai dengan Dorna yang harus memberikan subsidi untuk membayar gaji kru.

Krisis yang lebih banyak lagi berpeluang terjadi di ajang MotoGP karena walaupun balapan dapat tetap dielar setelah wabah ini berakhri, jumlah penontonnya diprediksi menurun drastic karena masih adanya ketakutan atas pandemic corona ini yang belum juga berakhir.

Dan pengamat MotoGP dari Italia, Carlo Pernat, menganggap bahwa Rossi lah penyelamat kebangkitan MotoGP setelah wabah ini selesai. “Rossi bakal balapan di MotoGP 2021, itu pasti, dan sangat penting bagi MotoGP dia melakukannya. Rossi adalah satu-satunya pebalap yang bisa memberikan MotoGP penonton, yang jika ia pensiun, penonton belum tentu ada di sana. Rossi jatuh cinta pada balapan…Rossi tak akan bisa merebut juara dunia lagi, tapi dia akan meraih beberapa podium,” tukasnya.